Pages

Subscribe:

Jumat, 06 November 2015

Keamanan Komputer (Computer Security)



Keamanan komputer, juga dikenal sebagai cybersecurity atau keamanan IT, adalah perlindungan sistem informasi dari pencurian atau kerusakan pada hardware, software, dan informasi pada mereka, serta dari gangguan atau penyesatan dari layanan yang mereka berikan. Ini termasuk mengendalikan akses fisik ke perangkat keras, serta melindungi terhadap bahaya yang mungkin datang melalui akses jaringan, data dan kode injeksi,  dan karena malpraktek oleh operator, baik disengaja, disengaja, atau karena mereka sedang ditipu menyimpang dari prosedur aman.
Bidang ini tumbuh penting karena ketergantungan meningkatkan sistem komputer di sebagian besar masyarakat . Sistem komputer sekarang termasuk yang sangat beragam perangkat "pintar", termasuk smartphone, televisi dan perangkat kecil sebagai bagian dari Internet of Things. - dan jaringan tidak hanya mencakup Internet dan jaringan data pribadi, tetapi juga Bluetooth, Wi-Fi dan jaringan nirkabel lainnya. Ada Juga jenis sistem keamanan lainnya yang menunjang kebutuhan manusia
Keamanan komputer meliputi semua proses dan mekanisme yang peralatan digital, informasi dan layanan dilindungi dari akses yang tidak diinginkan atau tidak sah, perubahan atau perusakan dan proses menerapkan langkah-langkah keamanan untuk menjamin kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan data baik dalam transit dan beristirahat .

Kerentanan dan serangan


Kerentanan adalah sebuah kerentanan sistem atau cacat, dan banyak kerentanan didokumentasikan dalam kerentanan umum dan Eksposur (CVE) database dan manajemen kerentanan adalah praktek siklus mengidentifikasi, mengklasifikasi, remediating, dan mengurangi kerentanan mereka ditemukan. Kerentanan dieksploitasi adalah salah satu yang paling tidak satu bekerja serangan atau "mengeksploitasi" ada.
Untuk mengamankan sistem komputer, penting untuk memahami serangan yang dapat dilakukan terhadap hal itu, dan ancaman ini biasanya dapat diklasifikasikan ke dalam salah satu kategori di bawah ini:
·         Backdoors
·         Serangan dos
·         Serangan langsung-akses
·         Eavesdropping
·         Spoofing
·         eskalasi hak istimewa
·         phishing
·         clickjacking
·         Rekayasa sosial dan Trojan

Perlindungan komputer (penanggulangan)
Dalam keamanan komputer penanggulangan adalah suatu tindakan, perangkat, prosedur, atau teknik yang mengurangi ancaman, kerentanan, atau serangan dengan menghilangkan atau mencegah, dengan meminimalkan kerugian dapat menyebabkan, atau dengan menemukan dan melaporkan hal itu sehingga tindakan korektif dapat diambil.
Beberapa penanggulangan umum tercantum dalam bagian berikut:
Sebuah keadaan komputer "keamanan" adalah yang ideal konseptual, dicapai dengan menggunakan tiga proses: pencegahan ancaman, deteksi, dan respon. Proses ini didasarkan pada berbagai kebijakan dan komponen sistem, yang meliputi:
·         Pengguna akses akun kontrol dan kriptografi dapat melindungi file sistem dan data, masing-masing.
·         Firewall yang jauh sistem pencegahan yang paling umum dari perspektif keamanan jaringan yang mereka dapat (jika dikonfigurasi dengan benar) akses perisai untuk layanan jaringan internal, dan memblokir beberapa jenis serangan melalui packet filtering. Firewall dapat menjadi hardware atau perangkat lunak berbasis.
·         Intrusion Detection System (IDS) produk yang dirancang untuk mendeteksi serangan jaringan dalam proses dan membantu forensik pasca-serangan, sementara audit dan log melayani fungsi yang sama untuk sistem individu.
·         "Respon" yang tentu didefinisikan oleh persyaratan keamanan yang dinilai dari sistem individu dan dapat mencakup rentang dari upgrade sederhana perlindungan pemberitahuan dari otoritas hukum, kontra-serangan, dan sejenisnya. Dalam beberapa kasus khusus, kehancuran total dari sistem dikompromikan disukai, karena dapat terjadi bahwa tidak semua sumber daya dikompromikan terdeteksi.
Hari ini, keamanan komputer terdiri terutama langkah-langkah "pencegahan", seperti firewall atau prosedur keluar. Firewall dapat didefinisikan sebagai cara data jaringan filtering antara host atau jaringan dan jaringan lain, seperti Internet, dan dapat diimplementasikan sebagai perangkat lunak yang berjalan pada mesin, mengaitkan ke jaringan stack (atau, dalam kasus sebagian besar sistem operasi berbasis UNIX seperti Linux, dibangun ke dalam sistem operasi kernel) untuk menyediakan real time filtering dan blocking. Implementasi lain adalah firewall fisik disebut yang terdiri dari lalu lintas jaringan mesin penyaringan yang terpisah. Firewall umum di antara mesin yang secara permanen terhubung ke Internet.

Namun, relatif sedikit organisasi menjaga sistem komputer dengan sistem deteksi yang efektif, dan lebih sedikit mekanisme respon masih diselenggarakan di tempat. Akibatnya, seperti Reuters menunjukkan. "Perusahaan untuk laporan pertama kali mereka kehilangan lebih melalui pencurian elektronik data dari pencurian fisik aset" [39] Kendala utama untuk pemberantasan yang efektif dari kejahatan cyber bisa dilacak ke ketergantungan yang berlebihan pada firewall dan otomatis "deteksi" sistem lain. Namun bukti dasar mengumpulkan dengan menggunakan paket peralatan capture yang menempatkan penjahat di balik jeruji besi.

0 komentar:

Posting Komentar